Blackberry – Ponsel Cerdas yang Nyaman di Genggaman

Kehebohan yang terjadi beberapa waktu lalu itu dipicu oleh pemberian diskon setengah harga dari Research In Motion (RIM) untuk pembelian BlackBerry 9790 atau akrab dengan julukan BlackBerry Bellagio. Ya, ponsel fenomenal itu secara fisik mirip dengan BlackBerry Curve 9360 Apollo dengan tampilan elegan dan berlayar lebar serta full touchscreen.

BlackBerry Bellagio memiliki bodi yang tipis, keyboard yang lebih empuk daripada Blackberry Onyx 2 (Delta), dan bobot 107 gram saja. Dengan dimensi seperti itu, BlackBerry tersebut sangat nyaman digenggam, terutama untuk Anda yang memiliki tangan tidak terlalu besar. Untuk mengetik satu tangan pun cukup mudah.

Bicara soal harga, BlackBerry Bellagio bisa dikatakan tergolong stabil, tidak ada penurunan maupun peningkatan secara signifi kan untuk ponsel tersebut. Sejak awal diluncurkan hingga saat ini, BlackBerry 9790 Bellagio dibanderol seharga 4 juta rupiah ke atas. Di penghujung 2011 silam, Indonesia mendapat suatu kehormatan sebagai negara pertama peluncuran BlackBerry 9790 Bellagio, perangkat termutakhir dari RIM.

Ditilik dari spesifikasinya, BlackBerry Bold 9790 Bellagio hadir dengan bentuk candybar dengan keyboard QWERTY yang dilengkapi dengan layar sentuh 2,44 inci serta platform BlackBerry OS 7 seperti seri sebelumnya, BlackBerry Bold 9900 Dakota. BlackBerry 9790 Bellagio juga memiliki kamera lengkap dengan autofokus dan lampu LED flash. Fitur kameranya ada Geo-tagging, face detection, image stabilization, dan kemampuan merekam video.

Salah satu keunggulan Bellagio dibandingkan Dakota adalah adanya fitur autofokus pada kamera 5 megapixel. Di bagian atas terdapat tombol lock/unlock, port 3,5 mm untuk headset terletak di sisi kiri telepon. Sementara port micro USB terletak di bawah telepon, berbeda dengan Blackberry lainnya yang biasanya diletakkan di sisi kiri atau kanan ponsel. Sedangkan untuk tombol volume dan tombol convenience terletak di sisi kanan ponsel.

Fisik dan Fitur Kompak
Tampilan belakang BlackBerry 9790 Bellagio didominasi oleh warna abu-abu pada tutup baterai. Sebagai pemanis, RIM menambahkan bingkai hitam di sekitar kamera dan lampu LED serta ukiran kata “Bold”. Tekstur kulit pada penutup baterai seperti pada BlackBerry 9700/9780 tidak digunakan lagi sehingga ponsel ini terlihat lebih gaya, minimalis, dan trendi.

Tampilan layar BlackBerry 9790 Bellagio hadir lebih kecil jika dibanding BlackBerry Dakota, yakni 2,8 inci, dan menurut klain RIM, touchscreen-nya lebih responsif. Dimensi BlackBerry 9790 Bellagio, atau kebanyakan orang menyebutnya Onyx 3, tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, BlackBerry 9900 Dakota.

Bellagio mempunyai tampilan ukuran 110 mm x 60 mm x 11,4 mm jika dibandingkan dengan Dakota yang mempunyai dimensi 115 x 66 x 10,5 mm. Untuk koneksi internet, ponsel baru ini menyertakan jaringan HSDPA dengan kecepatan unduh hingga 7,2 mbps, HSDPA dengan kecepatan unggah hingga 5,76 mbps, Wi-Fi. Dan untuk koneksi lokal ponsel ini menyediakan bluetooth dan microUSB.

Fitur-fitur menarik lain yang dimiliki BlackBerry 9790 Bellagio di antaranya sebagai berikut:
1. Menggunakan Operating System 7
Ini merupakan sistem operasi BlackBerry generasi terbaru. Platform yang satu ini membuat aplikasi lebih inovatif dan ponsel hadir lebih cerdas. BlackBerry OS 7 juga dilengkapi fitur-fitur yang lebih fungsional. BlackBerry OS 7 memang menarik minat banyak orang, terutama pengguna setia BlackBerry.

Peningkatan pada sejumlah fitur, seperti antarmuka, BBM, peramban, dan konektivitas membuat BlackBerry masih layak dipilih sebagai ponsel cerdas bisnis yang bisa diandalkan. Di samping sektor perangkat lunak yang semakin baik, desain yang lebih tipis dari versi terdahulu menghadirkan kesan seksi sehingga menambah nilai positif Bellagio.

2. Memiliki fitur Near Field Communication
Teknologi Near Field Communication (NFC) merupakan fitur terbaru yang dibawa oleh Blackberry OS 7. NFC adalah fitur yang memiliki fungsi seperti dompet digital. Hal tersebut memungkinkan Blackberry melakukan pembayaran seperti halnya berbelanja menggunakan ponsel cerdas milik Anda.

Fitur ini dapat digunakan untuk mendukung layanan dompet elektronik seperti Google Wallet, sekaligus mendukung berbagai transaksi pembayaran elektronik. Meski ke depannya diharapkan bisa menjadi alat pertukaran gambar, kontak, musik, dan video bagi sesama pengguna perangkat NFC, fitur dompet digital ini belum dapat digunakan di Indonesia.

3. Mempermudah sosialisasi
Sama seperti produk RIM pendahulunya, Blackberry 9790 Bellagio terintegrasi dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna berbagi dengan mudah melalui situs jejaring sosial. Bahkan, pengguna dapat menjalankan fungsi tap. Hasilnya, pengiriman surat elektronik jadi lebih cepat, berbagi video dan foto pun lebih efi sien dan mudah.

4. Sentuh dan ketik
BlackBerry 9790 Bellagio bisa dioperasikan dengan memanfaatkan layar sentuh atau menggunakan keyboard QWERTY. Layar sentuh memiliki desain yang menyatu dengan body bagian atas. Di bagian bawah layar terdapat lima tombol fisik yang terlihat sangat mirip dengan BlackBerry Torch 9860/9850.

Tombol-tombol tersebut adalah tombol navigasi khas BlackBerry, seperti tombol panggilan, menu, trackpad, back, dan tombol untuk mematikan. BlackBerry 9790 Bellagio merupakan ponsel cerdas BlackBerry kedua yang menggabungkan layar sentuh dengan keyboard QWERTY. Produk pertama yang mengombinasikan keduanya ialah BlackBerry Bold 9900 Dakota.

5. Prosesor dan Memori
Sebagai andalan RIM terbaru, sepertinya Bellagio ini akan menjadi best buy. Prosesor yang ditanam di dalamnya merupakan yang tercepat untuk saat ini. Bellagio mengusung prosesor tercepat saat ini berkecepatan 1 GHz dan memori RAM berkapasitas 768 mb. Kombinasi keduanya membuat pengoperasian ponsel ini jadi lebih cepat dan baik, memungkinkan ponsel untuk mengunduh aplikasi yang lumayan banyak. Selain itu, keunggulan dari BlackBerry Bold 9790 Bellagio di antaranya menyertakan memori internal 8GB dan slot kartu memori microSD hingga 32 gb.

Cepat Panas

Meskipun dijadikan andalan oleh RIM, sebagai barang elektronik, BlackBerry Bellagio tidak luput dari kekurangan. Perekam video, misalnya, tidak bertipe high defi nition, layarnya tidak luas, dan keypad-nya kecil sehingga menyulitkan pengguna dengan jari besar. Namun dari beberapa kekurangan yang dimiliki ponsel menghebohkan ini, yang sering menjadi keluhan ialah baterai yang tidak mampu bertahan lama. Karena body-nya tipis, baterai cepat menjadi panas.

Meskipun didiamkan selama 30 menit, jika banyak BBM yang masuk, ponsel ini makin cepat panas. Selain itu, bila diatur pada mode 3G, baterai BlackBerry Bellagio sangat cepat berkurang. Dalam satu jam berkurang 10 persen. Berbeda dengan Onyx 2, dalam satu jam hanya berkurang paling banyak 5 persen.

Baterai yang disertakan berkapasitas 1.230 mAh, setelah dipakai selama seminggu, rata-rata hanya bertahan maksimal 10 jam. Bahkan jika sering dipakai untuk telepon, sosial media, dan mengetik surat elektronik, baterai hanya bertahan maksimal delapan jam.

 

sumber: koran jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: