Jubah iPhone Cair yang Tahan Air

Insiden ponsel jatuh di jalan, kemudian berserakan, barangkali sudah menjadi pemabdangan yang biasa. Namun, ketika ponsel Anda jatuh ke air, kepanikan serta merta menyergap Anda. Dilihat dari risiko kerusakan yang akan ditimbulkan, alangkah malangnya jika ponsel tersebut jatuh ke genangan air atau bersentuhan dengan zat cair, entah di kamar mandi, di jalanan sehabis hujan, dan cipratan air.

Negara beriklim tropis seperti Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi. Hal tersebut seringkali menjadi kendala berarti bagi para pengguna gadget. Banyak sekali ponsel yang tidak memiliki tingkat ketahanan air yang mumpuni. Akibatnya, banyak kasus yang terbukti memicu kerusakan ponsel lantaran terkena cipratan atau guyuran air. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Seribu Kali Lebih Tipis

Bagi para pengguna gadget, air sepertinya menjadi musuh tersendiri. Berbagai jenis teknologi tahan air atau yang umum disebut sebagai teknologi anti air itu pun banyak diciptakan oleh para peneliti di dunia. Begitu juga dengan penciptaan handphone tahan air salah satunya.

Namun sayangnya, keberadaan sebuah handphone yang memiliki ketahanan terhadap air ini masih sangat sedikit tersedia di pasaran. Adalah sesuatu yang tidak mungkin jika handphone secanggih iPhone tidak rusak apabila dimasukkan ke air, tetapi salah satu perusahaan di Amerika Serikat (AS) mengubahnya menjadi mungkin. Liquipel, gabungan dari kata ‘liquid’ (cairan) dan ‘repel’ (mengusir, menolak), adalah sebuah perusahaan yang berbasis di California, AS.

Perusahaan ini dibuat untuk mengatasi masalah perangkat elektronik yang sering rusak karena masalah air. “Adalah lapisan mikroskopis yang melindungi perangkat elektronik dari kerusakan yang disebabkan air,” ujar Arnold W Brown, salah satu petinggi Liquipel.

Lapisan yang digunakan pada Liquipel adalah 1000 kali lebih tipis dari rambut manusia, dimaksudkan untuk melindungi terhadap hujan, air tumpahan, dan perendaman jangka pendek seperti wastafel atau toilet. Penggunaan teknologi coating ini pun cukup mudah, karena Liquipel berupa spray yang memiliki kemampuan untuk membuat lapisan pelindung kasat mata di handphone Anda tanpa harus menggunakan casing khusus.

Liquipel melindungi bagian internal maupun bagian eksternal handphone dari kerusakan akibat adanya cairan. Spray nanotech yang diberi nama HZO itu diaplikasikan ke dalam sirkuit ponsel agar tidak mengalami kerusakan setelah terkena air.

HZO adalah sebuah teknologi anti air dengan skala nano yang mampu menahan masuknya air ke dalam perangkat. Kemampuan HZO dalam melindungi perangkat dari air telah dibuktikan dalam sebuah demonstrasi. Apple melalui iPhone 5 nya disinyalir akan mengadopsi teknologi anti air untuk smartphone ini. Teknologi baru bernama HZO berkemungkinan akan disematkan di smartphone terbaru itu nantinya.

Teknologi ini diterapkan ketika perangkat masih dalam proses pembuatan. HZO gadget waterproofing bekerja melindungi gadget dari semburan air. Dengan membungkus bagian komponen sirkuit gadget dengan bahan nano yang tipis, ponsel akan tetap bisa hidup meski dicelupkan ke air.

Liquipel Coating Spray ini pertama kali diperlihatkan di acara pameran elektronik terbesar di dunia yaitu Consumer Electronics Show (CES) 2012. Bertempat di Las Vegas, perhelatan pameran elektronika di awal tahun ini menampilkan peragaan untuk membuktikan seberapa dahsyatnya produk cairan antiair yang mereka miliki.

Dalam acara CES tersebut, Liquipel mendemokan tisu yang dilapisi dengan lapisan anti air ini, dan hasilnya tisu tersebut masih dalam keadaan kering ketika diangkat dari air. Liquipel memang tidak selamanya bertahan tetapi harus disemprotkan satu kali di setiap waktu yang sudah ditentukan.

Mencuri Perhatian di Ajang CES 2012

Teknologi waterproof yang diperuntukkan bagi piranti smartphone membidik vendor-vendor besar untuk diajak kerja sama. Pihak perusahaan Liquipel pun berusaha untuk menambah deretan handphone yang bisa diubah menjadi handphone tahan air menggunakan teknologi coating yang dikembangkannya.

Dikabarkan, Apple adalah salah satu perusahaan yang hendak digandeng pihak pembesut teknologi ini. Apple diisukan akan menggunakan teknologi spray waterproof ini untuk membuat ponsel produk mereka menjadi tahan air. Kabarnya, teknologi ini akan digunakan untuk iPhone 5 yang dirilis musim panas tahun ini. Mungkin salah satu produk yang paling menarik perhatian di acara CES 2012 adalah Liquipel.

Dengan Menggunakan Liquipel kita akan terbebas dari ketakutan akan gadget terkena air. Untuk membuktikan kemampuannya itu, di ajang itu pula sebuah peragaan berhasil mencuri perhatian konsumen yang dengan sengaja mencelupkan piranti iPhone 5 ke dalam air. Dan ketika berada di dalam rendaman, iPhone 5 ini ternyata masih bisa memutarkan musik.

“Kini iPhone Anda bisa dibilang sudah tahan dan anti terhadap air, kita tidak berbicara tentang casing atau segel, tapi tentang teknologi nano,” ungkap Rebecca Smith, peneliti dari Apple.

Liquipel kini datang dengan kemunculan poduknya yang mutakhir, mampu melindungi dan menjubahi iPhone Anda, yakni lapisan Nano yang membuat iPhone Anda tahan terhadap cairan, embun, atau kelembaban. Namun tentu saja ini bukan berarti Anda bisa melakukan panggilan di bawah laut, setidaknya bisa memberikan perlindungan iPhone Anda dari kemungkinan kerusakan akibat bersentuhan dengan air.

Walaupun proses ini tidak ada hubungannya dengan keseluruhan kinerja iPhone Anda seperti baterai dan performa jaringan, termasuk juga tampilannya. Liquipel menemukan metode ‘mantel’ untuk iPhone 5 dengan zat khusus yang melindungi mereka dari kelembaban. Perlu diingat bahwa ‘mantel’ ini melindungi setiap inci bagian terkecil smartphone dari air. Simpelnya seperti membayangkan minyak dengan air yang tak dapat menyatu.

Namun masalahnya adalah, Anda harus menyerahkan smartphone kepada mereka selama dua hari untuk disemprotkan dengan spray ajaib tersebut dengan biaya 59 dollar AS, atau dengan penambahan 10 dolar AS untuk pengerjaan lebih cepat, hanya dua jam. Sayangnya, belum adanya jaminan pasti dari pihak perusahaan terkait ketahanan pelindung lapisan Liquipel ini.

Anda belum dapat mengetahui berapa lama pelindung ini dapat bertahan. Namun, untuk memuaskan rasa penasaran, tidak salah jika Anda melakukan uji coba keampuhan terhadap Liquipel. Bagi Anda yang masih penasaran dengan teknologi coating dari Liquipel dalam mengubah sebuah ponsel menjadi anti terhadap air Anda bisa mencarinya di website http://www.liquipel.com. Untuk wilayah Indonesia, sejauh ini belum ada informasi di mana Anda bisa mendapatkan pelindung gadget kesayangan Anda.

 

sumber: koran jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: