Adu Kualitas Final Fantasy XIII-2 di Xbox 360 vs PS3

Jakarta – Final Fantasy XIII-2 memang tidak hanya milik gamer PlayStation 3 (PS3), tapi juga para pemain Xbox 260. Lalu bagaimana kualitas game tersebut di masing-masing konsol?

Memang bukan pertama kalinya Final Fantasy XIII tersedia di luar konsol PS3. Sekitar 2 tahun lalu, Square Enix sempat merilis game ini untuk Xbox 360 namun dengan kualitas yang dianggap buruk, sehingga banyak gamer yang merasa kecewa.

Nah, pada seri Final Fantasy XIII-2 penerbit game asal Negeri Sakura itu coba memperbaiki kesalahan mereka di masa lalu. Kini game tersebut diklaim memiliki kualitas yang sama bagusnya, baik itu di PS3 atau Xbox 360.

Berdasarkan percobaan yang dilansir eurogamer dan dikutip Redaksi, Senin (13/2/2012), meski diklaim sama namun ternyata ada beberapa perbedaan dari kedua game tersebut.

Pada masing-masing konsol Final Fantasy XIII-2 bisa dimainkan pada resolusi 1280 X 720 pixel, keduanya juga sudah mengunakan 2x (Multi-Sample Anti-Aliasing) MSAA agar tampilan semakin halus.

Perbedaan pertama terletak pada efek bayangan. Di sini Xbox 360 lebih unggul dengan tampilan yang lebih detail dan penuh warna, lebih baik dibanding PS3 yang tampak lebih sederhana.

Namun lain halnya untuk kualitas video. Cutscene di Final Fantasy XIII-2 di PS3 jauh lebih baik daripada versi Xbox 360, hal ini dikarenakan video tersebut menggunakan format Bink yang tak cukup dikemas dalam 1 keping DVD. Di sini PS3 lebih unggul karena memakai Blu-Ray.

sumber: detik inet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: