Kondom dan Pembalut Bisa Bikin Infeksi Kelamin Wanita?

Jakarta, Kelamin wanita merupakan organ yang sangat sensitif dan mudah terserang infeksi, seperti jamur dan bakteri. Tapi benarkah penggunaan kondom, pembalut dan sex toy juga bisa menyebabkan infeksi vagina?

Infeksi pada kelamin wanita bisa disebabkan oleh jamur dan bakteri, namun yang paling umum biasanya disebabkan oleh jamur. Gatal, nyeri, mengeluarkan cairan selain menstruasi, keputihan dan bau amis adalah gejala-gejala umum infeksi vagina.

“Karena kondom teruji kualitasnya, disterilkan dan disegel, maka seharusnya tidak menyebabkan infeksi pada vagina,” jelas Dr Asha Jain, gynaecologist, seperti dilansir timesofindia, Senin (13/2/2012).

Sedangkan pembalut, Dr Asha menyarankan wanita untuk memeriksa merek dan bungkus terlebih dahulu, serta harus berhati-hati saat membuka segel pembalut sehingga tidak terkena bakteri.

Sebaiknya ganti pembalut paling tidak 4 jam sekali. Meski darah yang keluar hanya sedikit, tapi keringat yang keluar juga bisa memicu perkembangan bakteri.

“Dan karena sex toy adalah benda asing yang dimasukkan ke dalam vagina, maka alat bantu seks ini bisa menyebabkan infeksi,” tegas Dr Asha.

Selalu bersihkan dan sterilkan sebelum menggunakan sex toy. Bahan dari sex toy juga penting untuk diperhatikan, yaitu tidak boleh terbuat dari bahan yang keras atau beracun.

 

 

sumber: detik health

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: