Teknik Suntik untuk Tampil Cantik

Obesitas diyakini merupakan salah satu masalah kesehatan dan akan mengurangi daya tarik seseorang, terutama wanita yang benarbenar menginginkan bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Banyak wanita lantas mencoba beberapa terapi pelangsingan tubuh di salon-salon kecantikan.

Tidak cukup satu terapi saja, tapi mereka pun ada yang mencoba bermacam-macam cara. Tujuannya sederhana, yakni mendapatkan tubuh langsing dalam waktu singkat. Mesotherapy sedang menjadi tren saat ini. Solusi kosmetik non-operasi ini bertujuan menghilangkan masalah pada tubuh Anda, baik berat badan, bentuk tubuh, penuaan, maupun kebotakan.

Perawatan dilakukan dengan cara beberapa kali injeksi yang mengandung beberapa tipe obat, vitamin, dan mineral yang telah disetujui Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS). Dipelopori oleh seorang dokter Prancis, Dr Michel Pistor, pada 1952, mesotherapy merupakan penyuntikan dalam jumlah banyak namun dengan konsentrasi obat atau cairan yang sedikit.

Teknik ini juga menerapkan suntik tanpa rasa sakit untuk melancarkan sirkulasi cairan tubuh, sistem limpatik, bahkan sistem kekebalan pada tubuh. Beberapa tahun belakangan ini, mesotherapy kembali populer di Eropa dan Asia, khususnya sebagai perawatan untuk menghilangkan lemak dan selulit.

Mesotherapy ini juga dapat dipakai sebagai alternatif tanpa operasi untuk sedot lemak (liposuction) di daerah lemak yang kecil. Bagian tubuh yang bisa dilakukan mesotherapy tidak hanya perut, tetapi juga lengan dan leher. Demikian juga lemak di bawah dagu. Mesotherapy mulai menjamur dan dipraktikkan sekitar 18.000 dokter di seluruh dunia.

“Karena penuaan adalah sebuah proses yang tak bisa dihindari dan dihentikan, mesotherapy muncul dengan khasiatnya sebagai alat anti penuaan. Mesotherapy juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menumbuhkan kembali rambut yang rontok, baik pada pria maupun wanita,” ujar Anna Smithsonia, peneliti dari University of Georgia, AS.

Selain keuntungan dan manfaat di atas, mesotherapy dapat digunakan untuk menghilangkan kantong mata, mengencangkan wajah tanpa operasi, memutihkan dan menghilangkan flek hitam pada kulit, mencerahkan wajah, membuat kulit bercahaya, mengencangkan payudara, otot, dan memperindah betis. ger/R-2

Ekstrak Tumbuhan dan Vitamin

Perawatan tubuh dan kecantikan dengan memanfaatkan mesotherapy kini menjadi tren perawatan kulit wajah dan tubuh. Mesotherapy merupakan salah satu tindakan medis dengan cara memasukkan sejumlah ekstrak tumbuh-tumbuhan alami dan vitamin ke jaringan mesodermis. Injeksi mesotherapy ditujukan ke lapisan mesoderm yang tersusun dari lemak dan jaringan di bawah kulit.

Isi dari campuran injeksi bervariasi, bergantung pada kasus dan area yang akan dirawat. Dokter akan memilih sejumlah obat yang disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan wajah dan tubuh masing-masing pasien. Mesotherapy tidak menyebabkan hilangnya rasa pada tubuh yang disebabkan oleh pengaruh obat atau terlibat risiko operasi.

Mesotherapy juga bekerja secara langsung pada selulit dan menghaluskan permukaan kulit. Perawatan itu dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan homeopathic dan pharmacological seperti vitamin C ke dalam kulit. Cairan yang digunakan juga bisa berupa campuran berbagai zat aktif, vitamin, dan asam amino sesuai dengan pilihan dokter.

Campuran cairan-cairan tersebut dikenal sebagai campuran cocktail. Cara kerja mesotherapy lebih cepat untuk program pelangsingan dalam. Satu kali kunjungan sudah dapat mengurangi lingkar pinggang 2-3 cm. Terapi ini sama sekali tidak berbahaya dan aman, hanya tidak dianjurkan pada pasien hamil atau menyusui.

Pengurangan berat badan karena sedot lemak tidak dapat dibandingkan dengan hasil mesotherapy. Sedot lemak sejauh ini adalah metode yang paling efektif dan paling cepat mengurangi lemak. Akan tetapi, mesotherapy tidak semahal dan tidak sedalam sedot lemak. Karena mesotherapy tidak melibatkan proses operasi, waktu penyembuhan (recovery time) juga tidak ada. Bahkan mesotherapy bisa menjadi lunch time beauty procedure karena pengerjaannya sangat cepat.

Mesotherapy juga menghilangkan lemak dari sel-sel lemak tubuh tanpa merusak sel-sel tersebut. Selain itu, mesotherapy menargetkan area yang lebih spesifik. Cairan yang disuntikkan membantu peredaran cairan dalam tubuh dan melancarkan sistem limpatik. Hasilnya juga lebih tahan lama. Bila pasien juga melakukan diet dan olah raga teratur, perawatan untuk selulit bisa bertahan selam enam bulan hingga setahun, bergantung pada kondisi masing-masing individu.

Lebih Baik daripada Sedot Lemak

Mesotherapy memiliki kelebihan dibandingkan dengan teknik pembedahan seperti liposuction atau sedot lemak. Liposuction tidak bisa menghilangkan selulit, bahkan sering kali membuat selulit tampak lebih jelas, sementara mesotherapy menghilangkan selulit secara langsung dan hasilnya membuat kulit lebih halus. Mesotherapy juga dapat mengurangi lemak pada area spesifik, misalnya perut buncit, double chin (lipatan dagu, pinggang, paha dll), dan sagging arm (lengan kendur).

Penimbunan lemak dapat dibuang dari area tertentu dan tidak akan timbul kembali di area lain, seperti yang sering terjadi pada liposuction. Mesotherapy bukan prosedur operasi dan tidak diperlukan perawatan di rumah sakit, anestesi umum, atau masa istirahat yang panjang.

Mesotherapy relatif tidak lebih sakit prosedurnya karena menggunakan krim anestetik di area sebelum diinjeksi. Sedot lemak sering kali menyebabkan rasa sakit setelah operasi dan penyembuhan berminggu-minggu. Secara kasat mata, mesotherapy tidak menyebabkan bekas luka walaupun bengkak dan goresan ringan bisa muncul di area injeksi untuk beberapa hari, sedangkan sedot lemak dapat menyebabkan bekas luka dari yang sedang sampai berat.

Pembiusan tidak diperlukan oleh mesotherapy, dan pasien masih dapat berjalanjalan beberapa saat setelah perawatan. Segera setelah perawatan selesai, Anda bisa langsung kembali bekerja, tidak perlu beristirahat. Satusatunya instruksi adalah harus memijat bagian yang dirawat paling tidak tiga kali sehari selama beberapa menit. Perawatan dilakukan berulang setiap minggu.

“Rata-rata perawatan yang diperlukan adalah enam kali. Hal ini bervariasi, bergantung pada luas area. Anda bisa melihat langsung hasilnya setelah dua hingga tiga kali perawatan. Anda akan melihat kulit yang lebih mulus dan lebih kencang,” ungkap Linawati Tarigan, dokter spesialis kecantikan di klinik kecantikan La Beau, di kawasan Bogor.

 

sumber: koran jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: